Kian Cerdas, Siri Bakal Bisa Ngetag Foto

http://us.images.detik.com/content/2013/12/27/398/152435606dlm.jpgIst.


Jakarta - Ada kemungkinan suatu saat nanti penggguna iPhone akan bisa ngetag foto hanya dengan bermodalkan suara. Sebuah paten yang didaftarkan Apple, menguak kemampuan Siri tersebut.

"Ini adalah saya dan saudara saya di sebuah pantai," demikian kira-kira perintah yang bisa dilontarkan pengguna ke Siri di kemudian hari. Aksi ini akan ditindaklanjuti oleh sistem Apple dengan melakukan photo tagging secara otomatis.


Aksi tersebut dipastikan akan memudahkan pengguna jika di lain waktu mereka akan mencari foto yang dimaksud. Tinggal katakan," Tunjukkan foto saat saya dan saudara saya di pantai". Maka, konten yang terkait pun bakal disajikan.


Dikutip detikINET dari AppleInsider, Jumat (27/12/2013), paten yang diberi judul 'Voice-Based Image Tagging and Searching' ini dipublish oleh Kantor Paten dan Hak Cipta Amerika Serikat.


Dalam deskripsi paten tersebut, pihak pendaftar menyoroti mengenai kemajuan yang dialami oleh teknologi fotografi digital yang berjalan beriringan dengan kian banyaknya orang yang memotret dengan piranti mobile.


Tak seperti dulu di mana album menjadi tempat penyimpanan foto paling populer, kini penyimpanan digital mengambil alih. "Karena begitu banyak foto yang disimpan di piranti tunggal, maka makin penting untuk menyortir dan mengkategorisasikan foto dengan cara lebih gampang," tulis Apple.


(sha/eno)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!