Karyawan HTC Didakwa Bersalah Bocorkan Rahasia

Jakarta - Kasus kebocoran rahasia HTC masih bergulir. Jika sebelumnya ada tiga orang yang diperiksa, kini enam orang didakwa bersalah. Mereka diduga telah menjual salah satu properti rahasia produsen ponsel asal Taiwan itu.

Keenam karyawan tersebut, seperti dikutip dari Taipei Times, Sabtu (28/12/2013), antara lain termasuk seorang karyawan dengan jabatan cukup penting yakni Chien Chih-lin yang menjadi Vice President of Product Design.


Tiga dari pemasok HTC juga dinyatakan bersalah, karena telah membantu Chien merekayasa biaya yang diklaim bernilai lebih dari USD 1,1 juta. Jaksa penuntut mengatakan, Chien dan Direktur Research and Development HTC Wu Chien-hung yang telah ditahan sejak 31 Agustus, berencana membuka perusahaan desain ponsel sendiri di Taiwan dan China.


"Mereka berencana bekerjasama dengan pemerintah lokal China untuk memulai perusahaan tersebut, dan metransfer semua teknologi milik HTC ke sana," demikian dijelaskan Jaksa.


Secara hukum, tindakan Chien melanggar salah satu pasal dalam Trade Secrets Act. Pasal tersebut menjabarkan larangan mencuri atau melakukan reproduksi secara tidak sah dan menggunakan rahasia perusahaan.


Empat karyawan HTC lainnya yang juga dinyatakan bersalah adalah Senior Manager of Design and Innovation Huang Kuo-ching, Senior Manager of Design and Innovation Huang Hung-yi, Manufacturing Design Department Manager Hung Chung-yi dan karyawan di divisi pengarsipan Chen Shih-tsou.


(rns/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!