Awas, Kantor Rentan Diserang Hacker Saat Liburan

Jakarta - Bulan Desember merupakan bulan yang sangat dinanti untuk liburan bersama keluarga, teman-teman atau sahabat. Hal ini juga dinanti oleh para hacker, mereka juga sedang menunggu liburan di bulan Desember. Mengapa ?

Karena biasanya pada bulan Desember, kantor-kantor juga ikut ditinggal para engineer yang pergi. Bila sudah begini, sistem keamanan informasi juga akan 'bolong-bolong'.


Nah, para hacker menyukai keadaan seperti ini, mereka sejak dini sudah mulai mencoba-coba sistem keamanan yang bolong-bolong tersebut, dan bila kesempatan sudah didapat maka penetrasi yang lebih dalam akan dilakukan pada saat liburan tiba.


Bila sudah demikian, setelah liburan banyak informasi penting yang akan berpindah tangan, dan tiba-tiba akan banyak engineer yang kehilangan pekerjaan, karena dipecat oleh perusahaannya. Rumit bukan?


Penulis mencoba melakukan survei kecil ke beberapa perusahaan besar. Walaupun tidak resmi, tetapi dapat dijadikan masukan seperti apa perusahaan mereka memperlakukan dan menyikapi liburan. Setelah melakukan beberapa survei dan memberikan pertanyaan kepada user sampai ke middle management dapat diambil beberapa ringkasan. Simak berikut ini.


1. Bagaimana mengamankan data pribadi komputer anda ?


Beberapa user menjawab, mereka melakukan back-up ke hardisk eksternal, ada yang membackup ke file server, ada yang tidak melakukan apa-apa alias biarkan saja di kantor, toh aman-aman saja kok.Next


(fyk/tyo)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!