Bill Gates Ingin Ubah Urine Jadi Sumber Listrik

Inggris - Pendiri Microsoft, Bill Gates, telah mengumumkan temuan barunya. Ia dan timnya berhasil menemukan cara mengubah urine menjadi sumber listrik yang bisa dipakai untuk perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

Yayasan Bill and Melinda Gates Foundation memang mendedikasikan diri mereka untuk organisasi kemanusiaan, termasuk misi untuk meningkatkan kualitas sanitasi manusia di sejumlah wilayah yang kesulitan mendapatkan air bersih.


Selain itu yayasan tersebut juga mengajak para ilmuwan untuk menemukan cara untuk mengubah kotoran manusia, atau sejenisnya, menjadi sesuatu yang berharga. Setidaknya berguna bagi masyarakat.


Enter Bristol Robotics Laboratory, kumpulan ilmuwan yang berada di Inggris, berhasil menemukan cara yang mampu mengubah urine manusia menjadi sumber daya listrik. Energi yang dihasilkan pun bisa dipakai untuk memasok tenaga pada smartphone, tablet, dan sejenisnya.


Seperti dikutip detikINET dari The Register, Selasa (24/12/2013) yayasan di bawah Bill Gates melihat bahwa temuan itu bisa bermanfaat bagi banyak orang. Sejumlah dana pun digelontorkan agar para ilmuwan bisa terus mengembangkannya.


(eno/tyo)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!