Pendiri BlackBerry Batal Beli Perusahaannya Sendiri

Jakarta - Pendiri sekaligus mantan CEO BlackBerry Mike Lazaridis membatalkan niatnya mengambil alih BlackBerry dan malah menjual sahamnya di perusahaan asal Kanada tersebut.

Berdasarkan informasi dari US Securities and Exchange Commission tertanggal 23 Desember 2013, saat ini Lazaridis memiliki 26,3 juta lembar saham, setelah menjual lebih dari sahamnya senilai USD 26 juta di pekan ini.


Langkah yang dilakukan Lazaridis menyusul keputusan BlackBerry membatalkan rencana menjual perusahaan mereka, setelah menggusur Thorsten Heins dari jabatan sebagai CEO.


Sebagai gantinya, BlackBerry selanjutnya bakal menerima suntikan dana sebesar USD 1 miliar untuk investasi dari fairfax Financial Holdings. Perusahaan ini pula yang sebelumnya santer dikabarkan bakal membeli BlackBerry.


Seperti dilansir Telegraph, Jumat (27/12/2013), Lazaridis yang mengundurkan diri sebagai co-chief executive dan co-chairman BlackBerry di awal 2012, bersama co-founder Douglas Fregin pernah menyatakan berminat membeli BlackBerry pada Oktober silam.


Kedua orang yang mendirikan Research In Motion--kini disebut BlackBerry--pada 1985 ini mengontrol sekitar 8% saham BlackBerry, dengan Lazaridis memegang sekitar 5.7%.


Sebelumnya, CEO BlackBerry lainnya Jim Balsillie melepas seluruh kepemilikan sahamnya di BlackBerry. Balsillie menjual seluruh saham BlackBerry miliknya di penghujung 2012 lalu. Kabar ini membuat harga saham BlackBerry semakin anjlok.


(rns/tyo)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!