"Orang kita itu memang lebih senang untuk bayar dulu. Kalau sudah habis isi pulsa lagi. Itu memang sudah sekian lama, dari pertama kali ada seluler seperti itu pasarnya," sebut Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat saat drive test jaringan Indosat di Balikpapan, Kalimantan Timur.
Dikatakan Pras, meski jumlahnya sedikit, para pengguna pasca bayar adalah konsumen high value. Ini menjadi alasan para operator, tak terkecuali Indosat, memberikan program-program loyalty dan layanan yang secara spesifik memenuhi kebutuhan pelanggan pasca bayar.
"Pasar pra bayar di Indonesia luar biasa besar, mencapai 97%. Sebanyak 3% sisanya adalah pelanggan layanan pasca bayar," jelasnya.
Fidesia Noor, Division Head Data Services Product Marketing Indosat menambahkan, kondisi seperti ini tak lantas membuat pelanggan pasca bayar lebih diutamakan ketimbang pra bayar. Masing-masing pasar menurutnya mendapat perlakuan berbeda.
"Memang pasca bayar, terutama di Indosat adalah segmen high value customer, jadi gak kita umbar dengan segala macam promo. Paling kita cuma di Matrix Super Plan kalau buat acquisition pelanggan baru. Kita men-treat mereka dengan program-program khusus," jelasnya.
(ash/ash)