ThinkPad Ukir Penjualan 100 Juta Unit

Jakarta - Lenovo semakin percaya diri di segmen commercial business. Mengerahkan seri ThinkPad, perusahaan asal China ini mengklaim pertumbuhan signifikan untuk produk-produk bisnis.

"Kita sukses menjual ThinkPad sampai Desember tahun lalu terjual 100 juta unit di dunia. Jadi itu suatu pencapaian yang luar biasa untuk commercial business product," kata Sandy Lumy, COO Lenovo Indonesia saat peluncuran tiga seri terbaru ThinkPad di Pullman Hotel, Jakarta, Kamis (19/3/2015).


Di Indonesia, secara keseluruhan, baik segmen commercial maupun consumer PC hingga 2018 diperkirakan akan masih mengalami pertumbuhan positif. Dikatakannya, ini menjadi satu potensi yg sangat menarik bagi vendor yang masuk ke Indonesia.


"Kalau dilihat secara unit, laptop memang kalah dari consumer. Tapi growth-nya tercatat 83,6%. Jadi pertumbuhannya sangat tinggi dan kalau dilihat apa yang kita launch ini sebetulnya addressed di commercial market khususnya tablet di segmen corporate dan business user. Itu menjadi fokus Lenovo," paparnya.


Sandy mengklaim produk-produk consumer Lenovo diterima dengan sangat baik di pasar. Terutama ThinkPad yang memang menyasar consumer untuk SMB (Small Medium Business), dikatakan Sandy membuat Lenovo merajai segmen ini.


"Tak terbantahkan sulit dikejar oleh kompetitor. Jadi SMB kita nomor satu lebih dari 8 kuartal," kata Sandy sesumbar.


Berbicara pangsa pasar di Indonesia, berdasarkan data kuartal 1 tahun ini, Lenovo menempati porsi 21% untuk segmen consumer, SMB sekitar 23% dan corporate 17%.


(rns/ash)