Ambisi Hitachi Data Systems Menguasai Big Data

Jakarta - Big Data memang tengah menjadi lahan garapan yang seksi di bisnis IT enterprise. Bagi Hitachi Data Systems (HDS), pasar ini harus lebih serius digarap salah satunya adalah dengan strategi akuisisi.

HDS sendiri tengah dalam tahap mengakuisisi Pentaho Corporation, perusahaan integrasi big data dan analisis bisnis dengan platform berbasis open source untuk penggelaran big data yang beragam.


Jika mulus maka akuisisi Pentaho akan tercatat sebagai transaksi akuisisi big data swasta terbesar. Diharapkan proses tersebut akan selesai pada bulan Juni 2015.


Setelah akuisisi selesai, Pentaho akan menjadi 'Pentaho, perusahaan Hitachi Data Systems' dan akan mempertahankan mereknya. Pentaho akan terus menjalankan model bisnis saat ini di bawah kepemimpinan CEO Pentaho Quentin Gallivan, yang akan melapor ke Kevin Eggleston, HDS Senior Vice President, Social Innovation and Global Industries.


Akuisisi ini membantu untuk memenuhi strategi Hitachi menghantarkan inovasi bisnis yang mengintegrasikan data mesin, teknologi informasi, dan analisis untuk menyaring nilai dari big data dan Internet of Things.


Akuisisi ini merupakan acara transformasional untuk industri big data, dan akan mempercepat adopsi enterprise kepada teknologi dan solusi big data melalui penggelaran yang lebih mudah, lebih cepat, mengarah ke ROI yang lebih cepat.


Software dan keahlian Pentaho akan memperluas portofolio produk dan layanan HDS saat ini, dan membantu membawa solusi big data tambahan HDS ke pasar dengan lebih cepat.


Hasilnya adalah, solusi yang unik, komprehensif untuk mengatasi tantangan tertentu melalui platform analisis bersama. Platform analisis bersama Hitachi akan menjadi arsitektur referensi yang menyatukan dan mengatur teknologi yang berbeda, mitra dan komunitas open source. Ini akan memungkinkan para pengembang untuk menambahkan kemampuan baru di atas teknologi yang sudah ada untuk respon yang lebih cepat terhadap kebutuhan bisnis.


"Data masih menjadi sumber daya yang belum dimanfaatkan oleh banyak organisasi dan bisnis - dengan realisasi nilai data yang tetap masih menjadi tantangan," kata Kevin Eggleston, Senior Vice President, Social Innovation and Global Industries Hitachi Data Systems.


"Kombinasi keahlian industri yang luas dan teknologi informasi canggih dari Hitachi, dan sekarang software dan tim ahli berbakat dari Pentaho, akan memungkinkan kami untuk memberikan pelanggan solusi yang lebih lengkap untuk mengelola data mereka - yang memungkinkan mereka untuk memanfaatkan kekuatan big data dan Internet of Things dengan cara yang lebih cepat dan sederhana," paparnya. (ash/ash)