Mi4 Pakai Windows Phone, Xiaomi: Itu Kreasi MiFans

Jakarta - Tak cuma berbasis Android, kabarnya salah satu ponsel Xiaomi juga ada yang dibekali Windows Phone (WP). Bahkan Microsoft selaku pembesut Windows Phone sudah terang-terangan mengakui itu adalah hasil eksperimennya. Namun Xiaomi menepis anggapan bahwa ada kerjasama antar keduanya.

Pun demikian, Xiaomi memang tak menampik soal hadirnya Windows Phone di Mi4. Dalam pernyataan resminya, Xiaomi mengatakan bahwa ekperimen yang dilakukan Microsoft dengan membenamkan WP pada Mi4 merupakan hasil kerjasama dengan sejumlah MiFans alias fans Xiaomi yang ada di China. Jadi tak ada campur tangan sama sekali dari Xiaomi meski yang digunakan adalah ponsel buatannya.


“Ini (Windows Phone di Mi4-red.) bukanlah pengumuman kerjasama komersial, dan Xiaomi akan tetap menggunakan sistem operasi Android sebagai platform utama dari MIUI,” tulis Xiaomi pada keterangan tertulisnya yang detikINET terima, Jumat (20/3/2015).


Tapi eksperimen yang dilakukan Microsoft ini memang mengincar fans Xiaomi yang hobi ngoprek. Karena Windows Phone yang disodorkan Microsoft hadir dengan status custom ROM. Proses migrasinya juga tak rumit, sama seperti ketika pengguna Android akan menginstal custom ROM, Cyanogenmod misalnya. Bedanya, OS yang akan di-flash bukanlah Android, melainkan Windows Phone 10.


Dengan bisa merasakan pengalaman menggunakan Windows Phone 10, Microsoft berharap para pengguna Android bisa tergiur untuk menggunakan OS tersebut.


(yud/ash)