Samsung Bikin Storage 128 GB untuk Smartphone Murah

Jakarta - Saat ini baru smartphone kelas atas yang punya memori internal besar, ada yang sampai 128 GB. Tapi menurut Samsung, dalam waktu tidak terlalu lama, smartphone menengah ke bawah pun akan menikmati memori internal besar.

Raksasa elektronik Korea Selatan itu tengah mengembangkan mobile flash storage 128 GB 3 bit NAND berbasis eMMC 5.0. Produk ini adalah arsitektur dengan kepadatan tertinggi di jenisnya dan akan membawa kapasitas storage lebih besar pada perangkat mobile kelas menengah.


"Kami berharap smartphone mid to low akan semakin meningkat dalam adopsi memory storage 128 GB di masa depan," demikian pernyataan Samsung seperti dikutip detikINET dari ComputerWorld, Jumat (20/3/2015).


Memang belum jelas kapan debut memori internal teknologi baru itu. Tapi diperkirakan Samsung akan memperkenalkan pertama kali di smartphone kelas menengahnya.


Tapi tidak dijelaskan seberapa murah handset tersebut meskipun dipastikan akan lebih terjangkau dari smartphone flagship. Dan dengan smartphone kapasitas memori sampai 128 GB semakin menjamur, mungkin micro SD pun nantinya mulai ditinggalkan.


"Smartphone flagship memang sudah bertransisi ke memory storage 128 GB berbasis Universal Flash Storage (UFS) 2.0 atau standar eMMC 5.1, smartphone mid market sekarang akan mampu juga ditingkatkan kapasitas storagenya sampai 128 GB," papar Samsung.


(fyk/ash)