Tunanetra pun Bisa 'Nonton' YouTube

Jakarta - Tayangan video YouTube kini tak hanya bisa dinikmati netter yang bisa melihat, tetapi juga para tunanetra. Think.Web, perusahaan digital agency asal Indonesia, punya ide membuat YouTubeForTheBlind.com.

"Kami penasaran dengan pemanfaatan video bagi teman-teman tunanetra dan terpikir bagaimana mereka bisa mendapatakan pengalaman 'menonton'," kata Ramya Prajna, Co-Founder Think.Web.


Dikatakannya, netter menggunakan semua digital channel termasuk YouTube. Tapi karena keterbatasan, maka mereka hanya bisa menikmati fungsi audio. Ramya terpikir, bagaimana jika mereka 'menonton' film.


"Karena biasanya dalam film ada adegan tanpa dialog yang hanya bisa kita pahami dengan melihat," kata Ramya.


Berasal dari kepedulian terhadap netter tunanetra tersebut, Think.Web mengembangkan YouTubeForTheBlind. Think.Web membuat fitur scene description agar para tunanetra dapat memaksimalkan pengalaman mengakses video Youtube.


"Di dalam website ini dapat ditemukan berbagai video yang kami kumpulkan dari YouTube, namun kami buatkan penjelasan dengan teks pada tiap adegan tanpa dialog, dan selanjutnya software text-to-speech atau screen reader akan membacakan text description tadi," jelas Ramya.


Dalam pengembangan proyek ini, Think.Web juga mendapat dukungan dari Yayasan Mitra Netra, sebuah pusat layanan dan pelatihan bagi tunanetra. Yayasan ini juga sekaligus menjadi penasihat yang memberikan berbagai masukan teknis, sehingga pengembangan YoTubeForTheBlind bisa lebih tepat guna.Next


(rns/ash)