Huawei atau LG? Google Bingung Pilih Produsen Nexus Terbaru

Jakarta - Google sepertinya masih bingung memilih vendor yang akan dimintanya membuat Nexus terbaru. Beredar kabar, Huawei lah yang dipercaya. Namun diam-diam, Google juga mendekati LG.

Sebuah laporan dari eToday, media asal Korea Selatan menyebutkan, Google sudah mendekati LG dan mendiskusikan kemungkinan perusahaannya akan menggandengnya lagi membuat perangkat Nexus.


"Para engineer Google sudah tiba di Korea Selatan dan berkunjung ke markas LG. Mereka juga melihat-lihat pabrik LG yang membuat kamera, komponen wireless charging dan display untuk smartphone," demikian laporan eToday yang dikutip detikINET, Jumat (20/3/2015).


Bocoran lain menyebutkan, proyek penggarapan generasi terbaru Nexus disebut 'N000' dan produk finalnya akan dinamai Nexus 7, meski sudah ada tablet Nexus yang menggunakan nama tersebut.


Seperti diketahui, perangkat Nexus dibuat oleh vendor yang berbeda-beda. Beberapa waktu lalu beredar kabar Google akan menggandeng Huawei sebagai produsennya.


Informasi ini bocor dari direktur firma riset asal China iSuppli Kevin Yang. Menurutnya, Google telah menandatangani kesepakatan dengan Huawei untuk berkolaborasi membuat smartphone Nexus terbaru.


Jika kabar ini benar, maka ini pertama kalinya Google mempercayakan penggarapan seri Nexus ke manufaktur asal China. Perangkat Nexus sebelumnya dibuat oleh pabrikan asal Korea Selatan Samsung dan LG serta perusahaan asal Taiwan HTC.


Namun mengingat belum ada kejelasan mengenai siapa produsen yang akan dipilih Google selanjutnya, kita masih harus bersabar menantikan perkembangan isu ini.


(rns/ash)