SIM Card Buatan Dalam Negeri Bukan Mimpi

http://us.images.detik.com/content/2015/03/19/328/xirka46.jpgSIM Card Xirka (sok. xirka)


Jakarta - Isu penyadapan pada akhirnya kembali melambungkan harapan penggunaan SIM card buatan dalam negeri untuk industri telekomunikasi. Sejatinya, SIM card buatan lokal sudah sejak lama ada. Hanya saja kesempatan untuk naik panggung yang belum datang.

Adalah Xirka Silicon Technology salah satu perusahaan lokal yang mampu memproduksi SIM card yang biasa terselip di perangkat telekomunikasi tersebut.


Xirka tak bekerja sendiri. Mereka menggandeng sumber daya manusia mumpuni dari Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroelektronika Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam merancang chip.


Sudah sejak tahun 2008 Xirka berdiri, perusahaan ini memang khusus bergerak di bidang desain chipset, dimana salah satu produk keluarannya adalah SIM card untuk telepon seluler.


Menurut Kepala PAU Mikroelektronika ITB Trio Adiono, pengembangan SIM card produksi Xirka sudah dilakukan sejak tahun 2012. Statusnya saat ini sudah siap diproduksi massal dengan kapasitas mencapai 100 juta unit per tahun.


"Secara teknikal sudah dicoba di beberapa operator dan sudah dapat berfungsi dengan baik," ujarnya saat dihubungi detikINET.


CEO Xirka Sylvia Sumarlin menambahkan, rancangan SIM card Xirka telah disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan operator dalam negeri, sehingga menjadikan produk tersebut memiliki beberapa keunggulan dibandingkan produk impor sejenis, terutama dalam hal security.Next


(ash/fyk)