Lewat 4G, XL Ingin Bandung Jadi Teknopolis

Jakarta - Layanan 4G LTE di Bandung bertambah. Kota kembang resmi jadi kota selanjutnya -- setelah Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Medan -- yang disambangi layanan 4G LTE XL Axiata.

Peluncuran 4G LTE XL bertajuk Real Mobile 4G LTE di Bandung 'Sekarang Bisa!' ini digelar di plaza Mal Paris Van Java, Jalan Sukajadi, Bandung, Jumat (20/3/2015). Ditandai dengan peluncuran stater pack oleh Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo Muhammad Budi Setiawan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan jajaran direksi XL.


Penandatanganan stater pack dilakukan di samping sebuah mobil sport Lambhorghini yang diklaim menggambarkan kecepatan layanan 4G LTE.


"XL memilih Bandung karena menurut data kami, Bandung adalah kota kedua pengguna internet terbesar setelah Jakarta. Bandung juga merupakan kota kreatif dimana 60% warganya adalah anak muda yaitu yang berusia 40 tahun ke bawah," ujar Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan saat launching.


Sebagai operator seluler terbesar kedua di Indonesia, XL menyatakan mendukung pengembangan Bandung sebagai kota kreatif dengan menyediakan layanan internet cepat up to 100 Mbps. "Broadband memiliki keterkaitan dengan peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.


Penyediaan layanan internet cepat ini akan dilakukan dengan melakukan uji coba layanan 4G LTE mulai 20 Maret.


Untuk menyelenggarakan layanan 4G LTE di Bandung ini XL menyiapkan 56 BTS 4G yang menjangkau hampir semua area keramaian dan pusat aktivitas bisnis, pendidikan, pariwisata, hiburan dan pemerintahan di Kota Bandung.


"Dukungan layanan kami ini juga bisa dimanfaatkan untuk membangung e-government serta blusukan digital seperti yang dilakukan Wali Kota Bandung. Serta mendukung Bandung yang sedang membangun Bandung Teknopolis," pungkas Ongki.


(tya/ash)