Ingin Mendengar Musik Ciamik, Siapkan Rp 10 Juta

Jakarta - Menikmati koleksi musik Audiophine di jalan memang memberi kenikmatan tersendiri. Kita seperti ditarik masuk ke dalam live show sang artis hingga lupa bila sedang terjebak di tengah kemacetan. Hanya saja, untuk mendapatkan sensasi tersebut ada harga yang harus dibayar, minimal Rp 10 juta.

"Minimal 10 juta untuk menyiapkan equipment, terdiri dari player, amplifier dan headphone," ujar Leo Marathon, Head of Personal Audio Product Marketing Sony Indonesia, saat ditemui detikINET di kantornya.


Menurut Leo, untuk memutar musik high resolution (hires) dibutuhkan perangkat khusus yang mampu memainkan format file audio 24-bit, 192 kHz. Saat ini sudah banyak tersedia pemutar musik hires portable. Sony sendiri memiliki Walkman NW-ZX2 yang dibandrol seharga Rp 14.999.000. Sedikit terjangkau tersedia tipe MWZ-A15 seharga Rp 2.999.000.


Alternatifnya, kata Leo, kita bisa memanfaatkan smartphone yang sudah mendukung format musik Free Lossless Audio Codec (FLAC). Beberapa di antaranya Sony Xperia Z3, LG G3, Samsung Galaxy S5 dan Note 4, HTC One M8, Huawei Ascend Mate 7 dan iPhone 6.


Setelah memiliki pemutar, selanjutnya kita harus menyiapkan amplifier. Perangkat amplifier berperan dalam mendongkrak kualitas suara atau frekuensi tertentu. Selain itu sering dibutuhkan untuk mengangkat perangkat headphone yang memerlukan power lebih besar.


"Dari tadinya terasa kurang terdengar. Dengan menggunakan amplifier menjadi lebih jelas," jelas Leo.


Saat ini sudah banyak amplifier portable di pasaran. Beberapa pilihan di antaranya Fiio E17K Alpen 2 yang sempat muncul di CES 2015, AudioQuest DragonFly v1.2 berbentuk USB dan Sony PHA-1A. Rata-rata harga amplifier ini cukup bervariasi, untuk disandingkan dengan pemutar hires mulai dari Rp 3 juta. Next


(ash/ash)