Dikuasai Microsoft, Bagaimana Nasib Nokia?

Jakarta - Nokia sekarang sudah resmi menjadi milik Microsoft dengan mahar sekitar USD 7 miliar. Bagaimana nasib Nokia di bawah kepemilikan Microsoft? Berikut beberapa fakta menarik soal akuisisi yang cukup menghebohkan tersebut, seperti dikutip detikINET dari Engadget, Senin (28/4/2014).

Microsoft Kuasai Bisnis Nokia


Microsoft akan mengambil alih semua lini bisnis Nokia's Devices and Services, yang termasuk Smart Devices dan Mobile Devices. Merek ponsel Lumia di kelas atas, Asha di kelas bawah ataupun Nokia X sekarang semuanya bernaung di bawah Microsoft.


Nama perusahaan Nokia Oyj pun diganti Microsoft Mobile Oyj. Kemudian, seluruh fasilitas pabrik dan uji coba Nokia pun menjadi milik Microsoft. Demikian pula dengan layanan Nokia seperti MixRadio, Store dan lain sebagainya.


Microsoft juga akan mengontrol paten dan kontrak pihak ketiga yang berhubungan dengan perangkat Nokia. Dan seluruh karyawan Nokia yang saat ini jumlahnya sekitar 25 ribu beralih menjadi karyawan Microsoft.


Adapun layanan peta Nokia Here menjadi entitas bisnis yang terpisah dan tidak termasuk dalam kesepakatan akuisisi. Namun Microsoft setuju dengan kesepakatan 10 tahun lisensi pemakaian Nokia Here.


Microsoft dan Nokia sebelumnya sudah menjadi mitra bisnis yang sangat erat. Namun kedua belah pihak punya sumber daya sendiri-sendiri yang membuat proses bisnis menjadi kurang efisien.Next


(fyk/fyk)