Gaet Developer Tizen, Samsung Gelontorkan Rp 14,5 Miliar

Jakarta - Usaha Samsung dalam pengembangan eksosistem Tizen makin serius dilakukannya. Demi menggandeng developer untuk menggarap aplikasi berbasis Tizen, Samsung telah menyiapkan dana belasan miliar rupiah.

Platform Tizen sendiri sejatinya telah diluncurkan Samsung lewat smartwatch terbarunya Galaxy Gear 2.


Beberapa waktu lalu, petinggi Samsung juga telah mengkonfirmasi kehadiran ponsel berbasis Tizen yang rencananya akan meluncur sekitar pertengahan tahun 2014.


Guna memikat para developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis Tizen, produsen Korea Selatan itu pun menggelar ajang yang disebutnya Samsung Gear App Challenge.


Adapun total hadiah yang disiapkannya adalah USD 1,25 juta atau sekitar Rp 14,5 miliar. Yang mana hadiah tersebut akan diberikan kepada pembesut aplikasi-aplikasi terbaik yang nantinya terpilih.


Ajang ini memang lebih difokuskan untuk smartwatch Galaxy Gear 2, namun tak menutup kemungkinan Samsung sebenarnya memang tengah berusaha membangun ekosistem Tizen sebelum peluncuran ponselnya.


Apalagi seperti halnya Android, baik Tizen yang dijalankan pada smartwatch ataupun yang nantinya berjalan pada smartphone sejatinya mengusung platform yang tak berbeda jauh.


Seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Senin (28/4/2014), Samsung direncanakan menggelar ajang Samsung Gear App Challenge pada 8 Mei mendatang di beberapa negara yakni Korea Selatan, Malaysia, Singapura, AS, Brazil, dan Rusia.


(yud/ard)