Rilis Galaxy Trend Duos, Samsung Cuma Gandeng XL

Jakarta - Samsung baru saja merilis Galaxy Trend Duos, varian terbaru dari keluarga smartphone Galaxy. Kali ini peluncurannya ekslusif hanya untuk bundling bersama operator seluler XL Axiata saja.

Galaxy Trend Duos ini diluncurkan oleh Direktur Sales & Marketing XL Pradeep Shrivastava dan Vice President IT & Mobile Business Samsung Andre ME Rompis di Xplor, Senayan City, Jakarta, Senin (28/4/2014).


Peluncuran ini juga menandai dimulainya kemitraan ekslusif antar kedua raksasa industri ini untuk memperluas akses pemasaran dan distribusi produk. Untuk tahap awal, disiapkan stok 20 ribu unit Galaxy Trend Duos yang akan dibundling dengan kartu perdana XL di 2.000 titik jalur distribusi XL dan di Samsung Experience Store.


"Ini baru tahap awal saja karena kerja sama kami masih bisa diekspansi lebih luas lagi. Dari 250 ribu titik distribusi yang dimiliki XL, Samsung baru minta 2.000 titik saja. Ke depan bisa jadi lebih dari 10 ribu titik," kata Kencono Wibowo, Deputy Chief Marketing Officer XL Axiata.


Selain distribusi penjualan bersama, kemitraan antara XL dan Samsung juga mencakup kerja sama retail, eksibisi, aplikasi, program loyalitas, hingga kerja sama untuk menggarap pasar korporasi.


Kembali ke Galaxy Trend Duos, smartphone dengan dua slot SIM Card ini menawarkan segudang fitur yang diklaim memiliki performa yang cukup bagus. Ponsel seharga Rp 1,99 juta dengan layar 4 inch ini masih mengusung OS Android 4.2 Jelly Bean.


"Selain ponsel ini, kami juga akan menyiapkan bundling untuk lanjutan produk Samsung lainnya. Tapi kami juga tak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan vendor ponsel lainnya karena dari bundling smartphone saja kami menargetkan 10 juta pelanggan baru tahun ini," pungkas Kencono.


Hingga akhir 2013 lalu, XL yang memiliki 60,5 juta pelanggan memiliki sekitar 33 juta pelanggan data atau sekitar 54% dari total pelanggan. Dari angka itu, sekitar 10,2 juta di antaranya menggunakan smartphone dimana mayoritas menggunakan Android dan BlackBerry.


(rou/ash)