Android Kuasai Populasi Virus di 2012




Jakarta - Karena popularitasnya, Android bagaikan magnet bagi para pembuat virus. Program jahat yang siap menyerang sistem operasi itu pun meningkat dengan jumlah yang fantastis.

Dari tahun ke tahun jumlah virus yang dibuat untuk Android memang terus meningkat. Berdasarkan catatan F-Secure, salah satu produsen antivirus, di tahun 2010 ada sekitar 11,25% program jahat untuk Android.


Di tahun mendatang jumlahnya terus meningkat. Dari seluruh virus mobile yang berhasil terdeteksi, 66,7% di antaranya adalah virus untuk Android. Nah, di akhir tahun lalu jumlahnya terus meningkat tajam.


Seperti dikutip detikINET dari Techcrunch, Jumat (8/3/2013), saat itu Android setidaknya menguasai sedikitnya 79% dari total virus yang beredar. Berada di bawahnya adalah Symbian, Java based, dan lainnya.


"Pada umumnya malware itu mengikuti tren. Saat seluruh ponsel Symbian digantikan sistem operasi lain, seperti Android, maka malware untuk Symbian akan terus menurun. Bahkan mungkin hilang sama sekali di 2013," tulis Sean Sullivan, Security Advisor dari F-Secure Labs.


Popularitas suatu sistem operasi memang berbanding lurus dengan peningkatan program jahat untuk platform tersebut. Tak hanya di smartphone, hal ini juga sudah lebih dahulu terjadi di kalangan pengguna komputer. Jadi, para pengguna disarankan untuk tetap waspada.


( eno / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!