Google Pecat Ribuan Karyawan Motorola




Kantor Motorola (businessweek)


Jakarta - Motorola Mobility telah menjadi milik Google dengan nilai akuisisi USD 12,5 miliar. Sebagai upaya efisiensi, Google memutuskan melakukan PHK terhadap 1.200 karyawan Motorola atau 10% dari keseluruhan karyawan.

Sebelumnya, sebanyak 4.000 karyawan Motorola juga telah diberhentikan. Google memang sedang berusaha mengembalikan profit Motorola Mobility di tengah persaingan industri ponsel yang sangat panas.


"PHK ini adalah kelanjutan pengurangan tenaga kerja yang kami umumkan sebelumnya. Memang berat bagi para karyawan dan kami berkomitmen membantu mereka melalui transisi yang sulit ini," ucap Niki Fenwick, juru bicara Google.


Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (8/3/2013), karyawan yang kena PHK berlokasi di Amerika Serikat, China dan India.


"Ongkos perusahaan kami terlalu tinggi, kami beroperasi di pasar di mana kami tidak kompetitif dan kami kehilangan uang," demikian tulisan email perusahaan terkait alasan PHK ini.


Sebelumnya, Google juga mengeluhkan lini produk baru Motorola yang dikatakan tidak sesuai dengan standar mereka. Saat ini, Google kabarnya sedang menyiapkan smartphone revolusioner bernama Motorola X.


Google mengumumkan akuisisi pada Motorola Mobility pertengahan tahun 2012 lalu. Paten mobile Motorola yang melimpah kabarnya menjadi alasan utama Google mencaplok Motorola Mobility.


( fyk / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!