Awas! Get Inspired 'Cuci Otak' Anak Muda




Suasana Acara (rns/detikINET)


Denpasar - Sekitar 200 ratusan mahasiswa berkumpul di aula Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar. Dari raut wajah tampak antusiasme dan rasa penasaran mereka. Beberapa bahkan seolah terhipnotis mendengarkan tuturan para pembicara yang hadir di acara bertajuk 'Get Inspired' ini.

Misi acara tersebut memang 'mencuci otak' semua peserta. Eits, jangan mengira yang tidak-tidak. Cuci otak di sini dijamin positif. Ya, acara tahunan 'Get Inspired' yang digelar BBC Indonesia ini seperti biasanya, mengajak untuk saling berbagi inspirasi.


Get Inspired sendiri seperti dikatakan Kepala BBC Indonesia Menuk Suwondo, adalah acara yang menampilkan kaum muda dengan karyanya. Tak sembarangan, karya yang dihasilkan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar mereka.


"Acara ini memang diadakan supaya kita bisa saling berbagi inspirasi terutama di antara anak muda," kata Menuk di sela-sela acara, Kamis (7/3/2012).


Digelar secara maraton, Get Inspired ke-7 tahun ini menyambangi dua kota, yakni Denpasar, Bali di Universitas Pendidikan Nasional (7 Maret) dan Makasar di Universitas Hasanuddin (tanggal 11 Maret).


"Seringkali ketika berbicara teknologi kita berkiblat ke barat. Padahal di sekitar kita, di daerah, ada banyak inspirasi dan teknologi sederhana yang berguna," kata Menuk.


Ada tiga pembicara dihadirkan BBC Indonesia dalam Get Inspired kali ini. Mereka adalah Ari Angga Rochim dari ITB Bandung, Arif Aula Rahhman dari ITS Surabaya, dan Linus Nara Pradana dari SMP Petra 5 Surabaya.


Ari adalah perwakilan tim pencipta robot angklung yang memanfaatkan sensor Kinect konsol Xbox 360. Sementara Arif, terlibat dalam pembuatan mobil 'Sapu Angin' yang hemat energi. Terakhir, Linus Nara, bocah 13 tahun pembuat helm ber-gel yang bisa bikin adem kepala.


Penasaran seperti apa dan bagaimana karya-karya tersebut? Nantikan kisah inspiratif mereka yang akan 'mencuci otak'. Get Inspired!


Liputan 'Get Inspired' ini merupakan hasil kerja sama antara bbcindonesia.com dan detik.com.

erjasama antara bbcindonesia.com dan detik.com

( rns / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!