Sering Banjir, Ponsel Tahan Air Dinilai Cocok di Indonesia




Sony Xperia Z (eno/detikINET)


Jakarta - Sony memang termasuk salah satu produsen yang gemar mengeluarkan ponsel tahan air. Bukan tanpa alasan, produk jenis ini diklaim cocok di Indonesia.

Jika melihat ke belakang, ada beberapa seri Sony yang memang dirancang khusus agar tahan terhadap air. Ada yang sekadar tahan cipratan, ada juga yang tahan direndam hingga beberapa waktu. Total ada 4 seri Xperia yang memiliki kemampuan itu.


Flagship terbaru Sony pun memiliki fitur serupa. Xperia Z, diklaim tahan direndam dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit tanpa mengalami kendala apa pun.


Rahasianya adalah dari bodi ponsel itu yang dibuat serba tertutup dan padat. Untuk beberapa lubang seperti port USB dan microSD dibuat penutup khusus agar tidak kemasukkan air.


Ada yang menganggap fitur itu hanya sebatas gimmick marketing belaka, namun ada juga yang menilai ini memang menjadi fitur penting saat ingin membeli ponsel baru. Menurut Sony ponsel jenis ini banyak dicari di Indonesia.


"Demand-nya banyak kok (ponsel tahan air-red). Apalagi di Indonesia itu kan curah hujannya besar, jadi memang cocok," kata Ika Paramita, Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia, di House of Fame, Kamis (7/3/2013).


Lebih lanjut Ika juga menjelaskan beberapa kasus di mana ponsel tahan air punya nilai lebih.


"Contohnya waktu banjir besar di Jakarta kemarin. Ada berapa banyak orang yang sibuk mencari plastik untuk melindungi ponsel mereka, termasuk saya. Dengan Xperia Z ini hal itu tidak perlu," tegas Ika.


Xperia Z memang salah satu ponsel yang paling dinanti di Tanah Air. Bukan cuma karena ponsel ini tahan air, tapi juga spesifikasi kelas atasnya yang menggiurkan. Kini ponsel itu pun sudah tiba di Indonesia .


( eno / fyk )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!