Google Ingin Wujudkan Pencarian ala Film 'Star Trek'




(Ist)


Texas - Komputer secara otomatis tahu apa yang diinginkan pengguna. Dengan demikian, pengguna tak perlu mengetik untuk melakukan pencarian. Penggambaran dalam film fiksi ilmiah 'Star Trek' ini menjadi visi Google di masa depan.

"Aktivitas pencarian layaknya komputer 'Star Trek' dan itulah yang tengah coba kami bangun," kata Search Head Google Amit Singhal, seperti dilansir ABC News, Senin (11/3/2013).


"Anda hanya tinggal menghampiri komputer dan berkata 'hei komputer' misalnya," tambah Singhal.


Tapi tentu saja seperti dijelaskan Singhal, terwujudnya konsep ini akan bergantung pada teknologi lain. Ini antara lain termasuk teknologi voice control, sentuh dan sensor yang semakin cangih.


Sebenarnya konsep ini sebagian kecil sudah diwujudkan pada Google Glass, kacamata pintar Google. Dalam demo perkenalan kacamata tersebut, seorang wanita memperagakan cara Google Glass bekerja.


Dia berkata kepada Google Glass untuk mencarikan informasi tentang ubur-ubur. Tak lama kemudian, informasi pun ditampilkan di layar pada kacamata yang digunakan.


"Saat ini boleh dibilang menjadi masa terbaik dalam teknologi pencarian. Semua teknologi datang bersamaan, speak recognition, knowledge graph, natural language understanding, ditambah banyak perangkat baru bermunculan," kata Singhal.


Dikatakan Singhal, jika semua teknologi ini berhasil dikawinkan, visi Google ke depan akan cemerlang.


( rns / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!