Apple Uji Coba Layar Besar untuk iPhone dan iPad

Jakarta - Ada kemungkinan Apple akan menghadirkan iPhone dan iPad dengan layar lebih besar dibanding yang sudah ada sekarang. Pasalnya, perusahaan Cupertino ini tengah menguji coba layar tersebut dengan pemasok dari Asia.

Dikutip dari WallStreetJornal, Senin (22/7/2013), dalam beberapa bulan ini Apple telah meminta prototype untuk layar smartphone yang lebih besar dari 4 inch. Permintaan serupa juga terlontar untuk iPad yang kabarnya akan melebihi ukuran 13 inch.


Sebagai perbandingan, iPhone 5 memiliki layar 4 inch, sedang iPad 9,7 inch, dan iPad Mini dibekali layar 7.9 inch. Juru bicara Apple masih bungkam mengenai laporan tersebut.


Meski tengah melakukan uji coba, desain tersebut belum tentu hadir di pasaran. Perusahaan teknologi ini secara rutin memang melakukan berbagai tes desain untuk produknya selama proses pengembangan.


Namun jika benar, hal itu menyugestikan, Apple tengah mencari cara untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda. Di lain sisi, sang rival yakni Samsung sudah menerapkan strategi ini, yakni dengan menggelontorkan produk dengan berabagai ukuran guna merangkul sebanyak mungkin konsumen.


Menurut Strategy Analytics, dalam kuartal pertama 2013, Samsung menjadi pemimpin untuk pembuat smartphone dengan perolehan market 33,1%. Apple berada di posisi kedua dengan perolehan 17,9%. Akan tetapi dalam persaingan tablet, Apple masih menjadi jawara dengan meraih market share sebesar 39,6%, di atas Samsung (17,9%).


(sha/ash)