Ini Kamera Leica Besutan Master Desain Apple Jony Ive

Jakarta - Kamera mewah Leica dengan sentuhan tangan desainer Apple. Inilah piranti langka yang siap dilelang pada bulan November mendatang.

Jony Ive, yang tak lain adalah master desain di perusahaan Apple berada di balik wujud piranti bergengsi berikut. Ia bekerja sama dengan industrial designer populer Marc Newson untuk membesutnya.


Marc sendiri bukan kali pertama mendesain kamera. Sebelumnya ia dikenal meracik kamera untuk Pentax K-01 yang tak kalah stylish.


Berita mengenai Leica Digital Rangefinder ini memang sudah cukup lama beredar namun baru sekarang wujudnya tampak nyata. Piranti yang berangkat dari model M dan ditemani lensa 50 mm f/2 ini dibalut dengan material alumunium dan lebih dari 21.000 hemispheres yang menambah kesan estetika.


Bagi Jony maupun Marc, bukan proses yang mudah untuk mendapatkan hasil akhir itu. Dikutip dari Dpreview, Rabu (9/10/2013), mereka harus melalui ratusan model dan prototype dalam proses pengembangannya yang memakan waktu 85 hari.


Nantinya, kamera Leica Digital Rangefinder yang hanya diproduksi satu unit saja ini akan bergabung dengan lebih dari 40 barang langka lainnya di (RED) Auction. Adapun pelelangan yang dimotori oleh Bono (U2) tersebut bertujuan untuk mengumpulkan dana bagi Global Fund guna memerangi AIDS, tuberkolosis dan malaria.


"Kami menyukai kolaborasi dengan Jony dan Marc. Desain mereka menampilkan standar baru dan belum pernah terjadi sebelumnya di fotografi modern," tukas Dr. Andreas Kaufman, Chairman Leica.


Langka, bergengsi, dibesut oleh tangan-tangan profesional, dan ditujukan untuk amal, bisa dipastikan harga jualnya tidak akan murah meski harga awalnya hingga kini belum diketahui. Pelelangan tersebut dijadwalkan bakal dihelat pada 23 November mendatang di Sotheby, New York.


(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!