Obama Tolak Bela Samsung

Washington - Beberapa produk buatan Samsung tidak bisa dipasarkan di Amerika Serikat. Samsung berharap bantuan presiden Barack Obama, namun mendapat penolakan.

Lembaga International Trade Commision (ITC) mencekal beberapa produk Samsung yang dinilai melanggar paten Apple. Di antaranya Samsung Galaxy S 4G dan tablet Galaxy Tab 10.1.


Presiden Obama sendiri memiliki kekuasaan untuk melakukan veto terhadap larangan tersebut dengan mempertimbangkan berbagai hal. Namun dalam kasus Samsung, Obama menolak untuk memberikan veto.


Namun sejatinya pelarangan tersebut meskipun diberlakukan, tidak akan terlalu merugikan Samsung. Sebab produk yang dicekal sudah keluaran lama dan mungkin tidak lagi selaku dulu.


Masalahnya, Obama pernah menggunakan hak vetonya untuk menggagalkan pencekalan produk Apple yang dinilai melanggar paten Samsung. Agustus lalu, Gedung Putih memveto larangan ITC pada iPhone 4, iPhone 3GS, iPad 3G dan iPad 2 3G.


Ini adalah pertama kalinya presiden AS menggunakan hak veto tersebut sejak tahun 1987. Samsung pun mungkin kecewa Obama mau membela Apple, namun tidak demikian pada mereka sehingga sebagian produk Samsung tetap dicekal.


"Kami kecewa dengan keputusan untuk mengizinkan pelarangan yang dikeluarkan oleh ITC," sebut Samsung, seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Kamis (10/10/2013).


(fyk/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!