Seagate Tebus 32,7 Juta Saham Milik Samsung

Jakarta - Seagate Technology merampungkan transaksi penebusan saham terbatas yang dilakukan dengan Samsung Electronics Co. Ltd. Produsen hardisk itu menebus sekitar 32,7 juta saham dari raksasa asal Korea Selatan itu.

Jumlah tersebut mewakili sekitar 9% dari sisa saham Seagate yang masih tertunda pada akhir kuartal fiskal pertama tahun 2014.


Setelah transaksi ini, Samsung akan tetap memiliki kurang lebih 12,5 juta saham di Seagate dan She-Woong Jeong, Wakil Presiden Eksekutif di Divisi Systems LSI Samsung Electronics, akan tetap menduduki posisinya di Dewan Direksi Seagate.


"Kami sangat senang karena Samsung melanjutkan kerjasama jangka panjang sebagai pemegang saham dan juga menjadi mitra yang penting bagi Seagate," kata Steve Luczo, Presiden dan Chief Executive Officer dari Seagate.


Seagate mengklaim bahwa mereka telah sukses mengembangkan media penyimpanan setelah mengakusisi lini hardisk Samsung. Ke depannya, mereka akan lebih gencar membidik pasar media SSD di kelas enterprise.


"Kami juga optimis melihat masa depan kemitraan teknologi flash yang kami miliki," lanjut Luczo, dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (10/10/2013).


Dengan rampungnya transaksi ini, perusahaan menepati waktu yang direncanakan untuk mengembalikan setidaknya 70% aliran tunai operasional kepada pemegang saham pada tahun fiskal ini.


Selain itu, perusahaan melanjutkan rencana-rencana investasi bisnis strategis untuk memperkuat kepemimpinan dalam teknologi cloud, mobile, serta teknologi penyimpanan open source.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!