Seleksi CEO Baru Microsoft Masuki Babak Final

Jakarta - Setelah berbagai pertimbangan, seleksi CEO baru Microsoft diyakini sudah memasuki tahap final. Diharapkan sebelum tahun berganti, raksasa software ini sudah bisa mengumumkan pengganti Steve Ballmer.

Dilansir Bloomberg, Jumat (11/10/2013), dewan direksi Microsoft mengerucutkan pilihan mereka dari sejumlah kandidat yang ada. Salah satu kandidat, CEO eBay John Donahoe kabarnya mundur karena tidak bersedia menempati posisi bergengsi tersebut.


Para kandidat yang masih bertarung untuk mengisi orang nomor satu di Microsoft tersebut antara lain CEO Ford Alan Mulally, mantan CEO Nokia Stephen Elop dan eksekutif senior Microsoft Paul Maritz dan EVP Microsoft saat ini, Tony Bates.


Sumber yang dikutip Bloomberg menyebutkan, waktu spesifik penunjukan CEO bergantung pada negosiasi mengenai kompensasi. Untuk kandidat yang berasal dari luar Microsoft, negosiasi juga meliputi logistik sebagai pertimbangan untuk meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja sekarang.


Seperti diketahui, Steve Ballmer yang memimpin Microsoft sejak Januari tahun 2000, akan resmi berhenti dari perusahaan tersebut mulai tahun depan. Masa transisi hingga tahun 2014 ini akan digunakan untuk mencari CEO Microsoft yang baru.


Setelah menyatakan akan pensiun Agustus lalu, Ballmer secara resmi mengumumkan keputusannya dalam pidato perpisahannya, di pertemuan tahunan Microsoft yang digelar di KeyArena Seattle, awal bulan ini.


Dalam perpisahan yang diabadikan dalam rekaman video YouTube berjudul 'Ballmer thanks Microsoft Employees in farewell address', Ballmer tampak sangat emosional saat berpidato di hadapan ribuan karyawan Microsoft. Berlinang air mata, CEO Microsoft yang segera pensiun ini sesekali berbicara terbata-bata menahan haru.


Artikel Terkait:

-. Calon CEO Microsoft, dari Bos BlackBerry Sampai Bill Gates

-. Mengintip Masa Muda Bill Gates, Steve Jobs, dkk

-. Ini Alasan Stephen Elop Cocok Jadi CEO Microsoft

(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!