Nokia-HTC Duet Bikin Ponsel Windows Dual SIM

Jakarta - Di sejumlah pasar, smartphone dual SIM tampaknya digemari banyak pengguna. Namun kebanyakan ponsel tersebut berbasis Android. Nokia dan HTC sebagai pemain pasar Windows Phone, kabarnya tengan menggarap ponsel dual SIM berbasis Windows.

Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (11/10/2013), seperti umumnya ponsel dual SIM, perangkat ini memiliki kemampuan dual standby. Dua kartu aktif secara bersamaan dan salah satu kartu akan secara otomatis inactive jika salah satu kartu sedang dipakai.


Namun keduanya tidak terburu-terburu untuk merilis perangkat ini. Nokia disebut-sebut belum akan merilisnya, setidaknya tidak hingga akhir tahun ini. HTC sendiri berencana merilisnya di 2014.


Belum ada informasi lebih detail lainnya mengenai perangkat ini, termasuk soal spesifikasi, fitur, perkiraan harga dan ketersediaannya. Baik HTC maupun Nokia tidak memberikan komentar apapun terkait dengan laporan ini.


Khusus bagi HTC, jika benar perusahaan asal Taiwan ini membuat Windows Phone dual SIM, akan sekaligus membantah rumor yang beredar sebelumnya. Beberapa waktu lalu, HTC dikabarkan tak mau lagi membuat Windows Phone.


Sebelum Nokia ikut membuat ponsel Windows Phone, HTC merupakan vendor terbesar yang memiliki beragam tipe ponsel berbasis sistem operasi tersebut. Kini HTC hanya memiliki sekitar 5% dari total populasi Windows Phone, jauh tertinggal dari Nokia yang mencapai 80%. Sedangkan posisi kedua diisi oleh Samsung.


Data ini memunculkan spekulasi bahwa HTC mulai menjauh dari Windows Phone. Selain itu HTC juga harus berkonsentrasi mempertahankan pangsa pasar mereka di Android. Hingga saat ini, HTC memang masih masuk 5 vendor besar pembuat ponsel Android, namun jika tidak dipertahankan bukan tidak mungkin posisi mereka akan digeser oleh para pemain baru.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!