Gara-gara Foto Bugil, Keamanan Macbook Dipertanyakan

Jakarta - Paska foto bugil Miss Teen Amerika Serikat beredar, banyak pengamat yang kemudian menelisik sistem keamanan komputer Apple Macbook. Loh, memang apa hubungannya?

Sekitar bulan Agustus 2013 lalu warga dunia maya sempat dihebohkan oleh beredarnya foto bugil Cassidy Wolf, remaja cantik yang saat itu baru saja dianugerahi mahkota sebagai Miss Teen United State 2013.


Foto tersebut diambil melalui kamera pada notebook, dan belakangan diketahui ia sedang menggunakan Macbook saat dirinya dalam keadaan bugil.


Tak butuh waktu lama bagi FBI untuk menemukan siapa yang mengedarkan foto tersebut. Pelaku ternyata adalah Jared Abrahams, yang merupakan teman korban saat duduk di bangku sekolah menengah atas.


Abrahams memiliki software khusus yang mampu menghidupkan kamera pada Macbook tanpa diketahui pemiliknya. Piranti itulah yang ia pakai untuk memata-matai korbannya, termasuk Wolf.


Pakar keamanan jaringan dari Universitas Johns Hopkins, Maryland, Amerika Serikat, coba menguak metode yang dilakukan Abrahams ke beberapa model Macbook dan iMac keluaran 2008. Hasilnya?


Ternyata semua produk tersebut dapat dibobol dengan beberapa trik mudah. Teknik serupa juga diklaim ampuh untuk seluruh model Macbook dan iMac terkini.


Apple sendiri sejatinya sudah melakukan beberapa proteksi, misalnya dengan chip khusus yang membuat lampu hidup saat kamera diaktifkan. Namun teknik perlindungan tersebut sepertinya sudah harus dibenahi.


Seperti dikutip detikINET dari Tech Eye, Jumat (20/12/2013), selain kamera para peneliti juga menemukan celah pada baterai MacBook. Hanya dengan beberapa langkah, para hacker bisa saja membuat baterai komputer jinjing tersebut menjadi cepat habis.


(eno/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!