Telkom Dorong Ekspansi Rumah Digital

Jakarta - Telkom bekerja sama dengan 41 pengembang perumahan di kawasan Jabodetabek dan Jawa Barat untuk mendorong konsep teknologi rumah digital yang didukung penuh oleh ketersediaan akses internet broadband super cepat.

Direktur Konsumer Telkom Sukardi Silalahi menjelaskan, ekspansi true broadband ini juga merupakan bagian dari target pembangunan 20 juta jaringan serat optik ke rumah atau fiber to the home (FTTH).


"Penetrasi broadband di Indonesia sudah sekitar 25 juta pengguna, tetapi yang menikmati true broadband dengan kecepatan 2 Mbps itu masih sedikit. Itu sebabnya kami genjot segmen ini dengan FTTH," jelasnya melalui keterangan tertulis, Jumat (20/12/2013).


Dalam menggelar true broadband, Telkom akan melihat pasar potensial dan bekerjasama dengan pengusaha properti agar right of way lebih mudah. Itu alasan Telkom gencar menggandeng perusahaan properti.


Sukardi menjelaskan, dengan kerjasama pengembangan yang dibungkus melalui layanan IndiHome, pengguna rumahan yang mendapatkan akses FTTH true broadband bisa menikmati akses telepon tetap, internet, TV kabel, dan automation dalam satu paket.


"Sekarang memang target kita melayani 10% rumah tangga di Indonesia dengan true broadband. Kami harapkan true broadband bisa hadir di seluruh Indonesia," ujarnya optimistis, pendapatan bisnis fixed broadband sebesar 13% pada 2014 lebih tinggi dari pertumbuhan industri yang rata-rata 10,5%.


Executive General Manager Divisi Telkom Barat (DTB) Prasabri Pesti menambahkan, pada 2014 mendatang semua jaringan Telkom diusahakan sudah berbasis FTTH guna mendukung true broadband.Next


(rou/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!