Project Sienna, Cara Gampang Bikin Aplikasi Windows 8

Jakarta - Menarik minat developer membuat lebih banyak aplikasi, Microsoft pekan ini merilis Project Siena. Ini adalah tool yang membantu programmer non-professional membuat aplikasi Windows.

Project Siena yang masih dalam versi beta ini sudah tersedia di Windows Store dan bisa didownload secara gratis. Seperti tertera pada deskripsinya, Project Siena menyasar target audience seperti business expert, business analyst, consultant dan app imagineer lainnya.


Seperti dikutip dari Ubergizmo, Jumat (20/12/2013), contoh aplikasi yang bisa dibuat menggunakan tool ini antara lain aplikasi navigasi 'media-rich product catalog', aplikasi resolving customer-service issue, serta aplikasi untuk membuat foto, video, pen dan voice note yang berhubungan dengan asset database.


"Siena cocok untuk corporate, web data dan media content seperti SharePoint list, Excel dan Azure table, RSS feeds dan layanan RESTful," demikian dijelaskan Microsoft dalam deskripsi aplikasinya.


Aplikasi Siena dibangun menggunakan HTML5 dan JavaScript, namun dapat diperluas menggunakan programming tool lainnya. Di internal Microsoft, Project Siena disebut sebagai AppMagic. Belum diketahui apakah Microsoft nantinya akan menggunakan Siena atau AppMagic untuk toolnya ini.


(rns/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!