Jauhkan Anak dari Cyberbullying, Ini Caranya

http://us.images.detik.com/content/2013/12/19/398/184650831dlm.jpgIst. (GettyImages)


Jakarta - Aksi cyberbullying menghantui anak-anak. Jika tidak diantisipasi, hal ini akan memberikan dampak buruk bagi si buah hati. Namun masalah yang berpotensi dijumpai orang tua adalah, bagaimana memulai pengawasan aktivitas online anak tanpa mereka merasa terintimidasi?

Norton menganjurkan, agar pihak orang tua sejak dini membuka pintu dialog pada mereka. Dialog inipun tak harus bersifat 'resmi', namun bisa dilakukan saat santai.


Sebagai bagian dari dialog, orang tua disarankan memilih pertanyaan dengan hati-hati agar si anak mau terbuka. Norton, membantu Anda, para orang tua untuk bertanya pada anak dengan kalimat-kalimat berikut yang dikemas sebagai The Talk:


1. Apa yang dilakukan temanmu saat online?


Alih-alih langsung menanyakan, "Apa yang kamu lakukan di internet?" dimana membuat anak langsung merasa diawasi, ganti pertanyaan dengan "Apa yang dilakukan temanmu saat online?".


Kalimat tersebut berfungsi untuk menjaga agar pembicaraan bersifat netral dan umum. Dan jika Anda ingin si anak memberikan umpan balik yang jujur, maka yakinkan mereka bahwa Anda tidak akan memberikan hukuman atas jawaban apapun.


2. Apa situs yang paling keren atau terbaru?Next


(sha/rns)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!