AwesomeHP Foistware: Datang Tak Diundang, Pergi Bikin Susah

Jakarta - Apa rasanya kalau ada tamu tak diundang, nyelonong masuk ke rumah kita tanpa permisi? Datang tak diundang, pergi bikin susah (alias susah di-uninstal). Itulah istilah yang cocok untuk foistware yang satu ini.

Foistware adalah program tidak diinginkan yang umumnya ikut terinstal secara otomatis bersama dengan program lain, umumnya freeware yang populer.


Tujuan foistware menginstalkan dirinya adalah untuk mendapatkan keuntungan finansial dari komputer yang terinstal dan umumnya dilakukan dengan cara mengganti search engine default (Google, Bing atau lainnya) dengan search engine yang berafiliasi dengan pembuat foistware sehingga hasil iklan dari search yang dilakukan pengguna komputer akan masuk ke kantong pembuat foistware.


Yang sering menjadi masalah adalah hasil pencarian yang diberikan foistware menjadi kurang obyektif dan akan mengutamakan kepentingan pembuat foistware dimana iklan yang memberikan penawaran tertinggi yang akan tampil meskipun terkadang hasil pencariannya tidak relevan dengan yang dicari. Hal ini tentu merugikan pengguna komputer yang terinfeksi foistware.


Awal Mula


Kalau ditanya darimana awal mulanya aplikasi itu terinstal dan membajak browser kita, mungkin banyak yang bingung. Karena pada umumnya pengguna komputer tidak teliti dalam menginstall piranti lunak dan tidak membaca EULA end user license agreement dalam instalasi piranti lunak.


Dalam kasus ini laboratorium Vaksincom menemukan foistware ini dalam Installer Ken Ward's Zipper. Ini merupakan salah satu program yang memiliki banyak fungsi yang cukup populer di bidang pengompresan data. Dengan program ini kita bisa mengkompres file-file apa saja. Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!