'Parkir' Microsoft, Ford Berpaling ke BlackBerry

Jakarta - Selama ini sejumlah tipe mobil Ford memang diperkuat oleh sistem operasi buatan Microsoft, tapi itu tidak lama lagi. Kabarnya Ford siap menggantikannya dengan BlackBerry.

Windows Embedded Automotive 7 selama ini dipercaya Ford sebagai platform MyFord Touch Interface, yakni sistem pengatur multimedia dalam kendaraan yang bisa dipakai untuk beberapa keperluan, seperti membaca teks, mendengarkan musik, dan sebagainya.


Namun sayangnya sistem operasi tersebut dilaporkan sering bermasalah. Ada yang bilang bahwa interface di dalam mobil tiba-tiba tidak merespons, sering restart, dan perintah suara yang kerap kali tidak sesuai.


Alih-alih menunggu perbaikan sistem operasi tersebut, sumber dalam Ford mengaku sedang melakukan penjajakan dengan BlackBerry. Nantinya sistem operasi QNX diharapkan bisa menggantikan Windows Embedded Automotive 7.


Sistem operasi QNX yang dibeli BlackBerry 2010 silam sendiri sudah banyak dipakai oleh para produsen mobil. Audi, BMW, General Mototrs, Honda, Porsche, dan Saab adalah salah satu pabrikan yang menggunakannya.


Selain lebih handal, lisensi menggunakan QNX juga lebih murang ketimbang menggunakan Windows. Itu juga menjadi pertimbangan mengapa Ford memutuskan untuk berpaling, seperti yang dikutip detikINET dari PC World, Senin (3/3/2014).


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!