Darren Suciono: Penjual Pulsa yang Jadi 'Juragan' Bisnis Search Engine

Jakarta - Cerita perjalanan seseorang dalam membangun sebuah bisnis tak pernah sama, masing-masing orang berbeda. Ada yang dirancang dengan matang dari awal, tapi ada juga yang berawal dari iseng-iseng justru berlanjut dan berumur panjang. Untuk kasus yang terakhir Darren Suciono adalah contohnya.

"Saya ini tersesat di jalan yang benar," katanya seperti dikutip dari myoyeah Senin (3/3/2014)


Pria kelahiran 25 tahun lalu ini sekarang menggeluti bisnis Search Engine Optimization (SEO), satu proses untuk meningkatkan volume dan kualitas lalu lintas kunjungan website melalui mesin pencari.


Ia mengatakan tersesat, karena bisnis yang ia geluti sekarang tak ada hubungannya dengan latar belakang pendidikan yang telah dia selesaikan yaitu Teknik Industri.


Perkenalannya dengan dunia internet secara intens dimulai ketika dia menjalankan bisnis online di bangku kuliah. Saat kuliah Darren berbisnis online mulai dari pulsa, alat kesehatan hingga aksesori mobil.


Dari bisnis inilah kemudian dia belajar SEO dari temannya. Setelah menguasai dasar SEO dan merasa tertarik, Darren kemudian memperdalam ilmu tentang SEO secara otodidak.


Ketika dia lulus dari President University pada 2010 Darren mengajukan diri untuk membantu bisnis penyewaan alat berat dan jual beli aspal yang dikelola pamannya. Dia kemudian membantu membuatkan website usaha penyewaan alat berat dan aspal tersebut. Dia mempraktekkan ilmu SEO yang sudah dia dapatkan. Dan dia cantumkan nomor ponselnya di website tersebut.Next


(hen/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!