Apple Umumkan CarPlay, iOS untuk Mobil

Jakarta - Sesuai rencana, Apple akhirnya mengumumkan kehadiran layanan iOS yang mampu terintegrasi dengan mobil. Di ajang Geneva Motor Show, Apple menyebutnya sebagai CarPlay.

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, CarPlay ini menawarkan perangkat hiburan dan lainnya yang merupakan hasil integrasi dengan iOS terbaru.


"CarPlay telah dirancang dari bawah ke atas untuk menyediakan bagi pengemudi dengan pengalaman yang luar biasa dengan menggunakan iPhone mereka di dalam mobil," kata Wakil Presiden Apple iPhone dan iOS Product Marketing Greg Joswiak, seperti detikINET kutip Apple Insider, Selasa (4/3/2014).


"Pengguna iPhone selalu ingin konten mereka di ujung jari mereka dan CarPlay memungkinkan pengguna menggunakan iPhone mereka di dalam mobil dengan gangguan yang diminimalkan," tambahnya.


Kelompok pertama dari mobil yang akan terintegrasi dengan CarPlay ini adalah Ferrari, Mercedes Benz, dan Volvo. Menyusul kemudian mobil terbaru dari General Motors, Honda, Hyundai, Jaguar, Land Rover, Pegeuot, Suzuki dan Toyota.


Dalam pengoperasiannya, pengguna iPhone dapat menguhubungkan dengan kabel charger lighting, yang secara otomatis akan menampilkan segala informasi di layar.


Pengemudi dapat mengatur semua aktifitas dengan menggunakan Siri. Atau bisa juga langsung menggunakan layar sentuh di layarnya yang antar mukanya terinspirasi dari iOS 7.


Fungsi Siri dapat melakukan panggilan, mendengarkan voice mail, akses ke email dan membacanya, termasuk SMS.


Entertaiment tentu saja akan termasuk ke dalam dengan menyediakan akses streaming sepeerti Spotifiy, Beat Music dan iHeart Radio. Memutar lagu di iTunes, tentu saja bisa dilakukan.


(tyo/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!