Ponsel Androidnya Dibajak, Nokia Malah Senang

Jakarta - Seorang developer berhasil meretas Nokia X agar bisa menjalankan layanan Google. Bukannya marah, Nokia justru senang saat mengetahui hal itu.

Nokia X memang dikembangkan berdasarkan Android, tapi di dalamnya sama sekali tidak terdapat layanan Google. Sebab Nokia sengaja menggantinya dengan layanan Microsoft.


Pun begitu, seorang developer dari komunitas XDA Developer berhasil menemukan cara agar Nokia X bisa menjalankan aplikasi Google, termasuk mengakses layanan Play Store yang sejati 'dilarang' oleh Nokia.


Untuk bisa melakukan itu Nokia X harus terlebih dahulu di-root, dan itu bukan tanpa risiko. Jika tidak dilakukan dengan benar sistem bisa saja tidak stabil, atau bahkan menyebabkan ponsel mati.


Nah, biasanya para produsen ponsel melarang hal tersebut dan dapat menghilangkan garansi. Tapi mendengar ponselnya dioprek peretas Nokia justru senang.


"@Kashamalaga, ini sangat luar biasa! Kami senang atas apa yang kamu lakukan, kami sebenarnya sangat menyukai @xdadevelopers," tulis pernyataan Nokia melalui akun Twitter @nokiadeveloper.


Dengan berhasil dibajak, maka para pengguna Nokia X kini bisa mengakses semua layanan Google. Mirip seperti ponsel Android pada umumnya.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!