Sosok Pencipta BitCoin Muncul ke Publik

Jakarta - Bitcoin, mata uang digital ini sempat membuah heboh dua dunia. Tak cuma Bitcoin-nya yang menarik kontroversi, sang pencetusnya pun tak luput dari sebuah misteri.

Bitcoin adalah jaringan pembayaran peer-to-peer yang bersifat terbuka (open source) dan juga merupakan mata uang digital yang diperkenalkan sekitar tahun 2009.


Seseorang atau mungkin sekelompok orang dengan nama Satoshi Nakamoto menerbitkan sebuah makalah yang menguraikan sistem electronik cash peer-to-peer ini.


Tapi sayang, tidak ada satupun orang yang mampu mengorek seperti apa sosok dari Satoshi Nakamoto. Setidaknya, sampai media News Week mengklaim sudah bertemu dan melakukan wawancara dengan seseorang bernama Satoshi Nakamoto ini.


Menurut media besar tersebut, Satoshi Nakamoto merupakan pria Jepang-Amerika berusia 64 tahun yang saat ini tinggal di Southern California. Demikian yang dikutip detikINET, Jumat (7/3/2014).


Tidak ada yang tahu latar belakang pekerjaan dari Nakamoto ini, kecuali dia memang pernah bekerja untuk perusahaan besar dan militer di Amerika Serikat.


Leah McGrath Goodman dari News Week pun berusaha mengulik kehidupan Nakamoto dari teman-teman, keluarga dan anak-anaknya. Sayangnya, hasilnya tak terlalu menggembirakanNext


(tyo/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!