Seberapa Ampuh Nexus Shamu?

Jakarta - Fans Android sedang menantikan kemunculan penerus Nexus. Diprediksi rilis awal tahun depan, saat ini beredar bocoran spesifikasi dan benchmark milik smartphone Nexus generasi keenam tersebut.

Jika Nexus 5 dibuat LG, kabarnya untuk penggarapan Nexus 6 akan dipercayakan Google ke Motorola. Informasi mengenai perangkat dengan nama kode 'Shamu' ini muncul di internet di situs benchmark GFXBench.


Namun GFXBench tidak menyertakan spesifikasi Shamu. Informasi high level test, low level test dan special test di situs tersebut mengindikasikan Nexus 6 akan dibekali prosesor Snapdragon 801 Qualcomm dan layarnya akan berukuran 5,9 inch full HD.


Selisih skor yang ditorehkan tidak jauh dengan Galaxy S5 dan HTC One M8 yang menggunakan prosesor sama, yakni pada kisaran 11 fps (frame per second). Namun karena masih bersifat spekulasi, spesifikasi tersebut memang masih harus dibuktikan.


Tampilan fisiknya kurang lebih akan sama seperti pendahulunya. Nexus 6 diprediksi akan menggunakan Android L. Jika Google masih setia dengan siklus perilisan gadgetnya, Nexus 6 diperkirakan akan muncul pada paruh pertama 2015.


Sebelumnya, Google mengumumkan rencana proyek Android Silver selain Nexus. Proyek ini pada intinya menaikkan standar sistem operasi Android. Boleh dibilang, Android Silver merupakan Android versi premium. Namun itu tak berarti seri Nexus dihentikan.


(rns/ash)