Juara Google Code Jam, Remaja Ini Diganjar Rp 175 Juta

Jakarta - Baru berusia 18 tahun, Gennady Korotkevich meraih prestasi mentereng. Ia berhasil menjadi juara kompetisi untuk programmer Google Code Jam edisi tahun 2014, dan berhak menggondol hadiah uang tunai senilai USD 15 ribu atau di kisaran Rp 175 juta.

Google Code Jam sendiri adalah kompetisi tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2003, untuk mengidentifikasi bakat dari seluruh dunia. Kompetisi ini melombakan permasalahan algoritma yang harus dipecahkan dalam jangka waktu tertentu.


Tahun ini, sebanyak 20 ribu programmer dari seluruh dunia turut serta. Setelah proses seleksi, final dilangsungkan di Los Angeles yang diikuti oleh 26 programmer terbaik. Hasilnya, Gennady yang berasal dari Republik Belarusia ini memenangkan pertandingan.


Padahal, seperti dikutip detikINET dari Mashable, Sabtu (16/8/2014), Gennady baru pertama kali ini ikut serta. Tahun lalu, remaja ini sebenarnya juga berhasil masuk final, tapi tidak diperbolehkan ikut. Nah tahun ini, dia sudah cukup usia dan langsung menjadi juara.


Tempat kedua diraih oleh Evgenii Kapun dari Rusia dan di posisi ketiga oleh Yuzhuo Gu dari China. Dengan bakat programming yang sangat tinggi, besar kemungkinan para juara ini akan dipekerjakan Google tidak lama lagi.


(fyk/fyk)