Android Menang Mutlak, BlackBerry Kalah Telak

Jakarta - Ekspansi Android tak terbendung. Smartphone dengan OS robot hijau menguasai pasar secara mutlak, meninggalkan Windows Phone, BlackBerry, bahkan iOS.

Menurut data market intelligence IDC, smartphone yang dikapalkan pada kuartal II 2014 secara global diperkirakan mencapai 300 juta unit. Dimana Android mengeruk proporsi 84,7% atau setara dengan 255,3 juta unit.


iOS menguntit di tempat kedua dengan market share 11,7% atau sebanyak 35,2 juta unit smartphone iOS dikapalkan di Q2 2014.


Android dan iOS bisa dibilang melesat berduaan. Pasalnya, jika digabungkan, kekuasaan pangsa pasar mereka mencapai 96,4%.


Android tercatat tumbuh sampai 33,3% dibandingkan periode sama tahun lalu, sedangkan iOS pun tak mau kalah, terdongkrak 12,7%.


Pemain lainnya, bisa dibilang ngos-ngosan untuk mengejar Android dan iOS. Windows Phone misalnya, posisinya memang berada di posisi ketiga. Namun terpaut sangat jauh, cuma mendapat kue pasar 2,5% dari 7,4 juta unit pengapalan perangkatnya di Q2.


Ini merupakan hasil minor bagi OS garapan Microsoft tersebut. Sebab, hasilnya malah lebih kecil dari raihan di Q2 2013 yang meraup 3,4% market share atau sebanyak 8,2 juta unit.Next


(ash/rns)