Chat Sambil Amal, Line Kumpulkan Rp 1,3 Miliar

Jakarta - Kampanye ' Line Bagi Berkah' bulan lalu sukses mengumpulkan donasi dalam jumlah yang cukup besar. Sticker yang dikirimkan para pengguna melalui chat, didonasikan untuk yayasan peduli kanker.

Jika di Ramadan tahun sebelumnya Line merilis sticker bertema Ramadan dan Lebaran, tahun ini Line ingin terlibat lebih dalam lagi dengan penggunanya dengan menggelar kampanye Line Bagi Berkah selama Ramadan.


"Ramadan kan identik sebagai bulan beribadah dan beramal, kita memfasilitasinya. Caranya mudah dengan kirim sticker. Dari sticker itu, 1 sticker kita hargai Rp 5 ribu. Line yang bayarin dan on your behalf kita jadikan donasi," kata Senior Manager Line Indonesia Galuh Chandrakirana di acara Halal Bihalal yang digelar di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Kamis (14/8/2014).


Melalui program tersebut, aplikasi mobile messaging yang identik dengan karakter sticker yang lucu-lucu tersebut berhasil mengajak 723.799 penggunanya untuk peduli terhadap penyakit kanker.


"Dana terkumpul totalnya 1.376.575.500 dari 27 Juni hingga 8 Agustus 2014. Donasi ini diberikan ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia. Akan dipakai untuk membantu anak-anak penderita kanker," ujarnya.


Ketua sekaligus pendiri Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Ira Soelistyo, ditemui di acara yang sama, mengatakan dana yang diserahkan Line akan dimanfaatkan untuk memperluas rumah singgah YKAKI.


"Kita rencana akan memperluas rumah singgah. Dulu kapasitas untuk 28 anak penderita kanker, akhir-akhir ini over capacity jadi kurang nyaman untuk mereka. Kami akan gunakan juga untuk pendidikan agar mereka bisa terus sekolah," kata Ira.


Rumah Kita, demikian nama rumah singgah YKAKI tersebut, telah membantu sekitar 600 anak penderita kanker sejak didirikan di 2006. Di Rumah Kita, anak-anak penderita kanker diizinkan tinggal bersama pendampingnya saat menjalani pengobatan kanker.


(rns/ash)