Mampukah Si Metal Galaxy Alpha Hadang iPhone 6?

Jakarta - Samsung baru saja merilis Galaxy Alpha, ponsel Android dengan spesifikasi cukup tinggi dan dibalut material metal. Mampukah kedatangannya menyaingi iPhone 6 yang diduga kuat rilis awal September?

Memang di awal September pula, Samsung dipastikan merilis Galaxy Note 4 yang juga siap menghadang iPhone 6. Tapi bukan tidak mungkin Galaxy Alpha juga dipersiapkan Samsung sebagai senjata tambahan melawan Apple.


"Galaxy Alpha dibuat dan didesain berdasarkan keinginan spesifik dari pasar konsumer," ucap J.K Shin, CEO Samsung yang dikutip detikINET dari Guardian, Kamis (14/8/2014).


Dengan material metalnya, Galaxy Alpha berbeda dari ponsel Android kelas atas Samsung lainnya, misalnya Galaxy Note 3 dan Galaxy S5, yang mengandalkan material plastik.


Alpha dinilai menjadi jawaban Samsung yang kadang dikritik soal bahan plastik tersebut, meskipun punya kelebihan lebih ringan dan lebih fleksibel. Kritik datang karena para kompetitor agresif menghadirkan ponsel dengan desain premium dari material metal.


"Ini adalah pengakuan Samsung bahwa mereka perlu menjawab kritik dan membuat 'rasa' yang lebih premium," kata Ben Wood, analis dari CSS Insight.


Meski spesifikasinya bukan yang terbaik dan masih di bawah Galaxy S5, Galaxy Alpha tetap menjanjikan. Ia antara lain dibekali prosesor octa core Exynos, RAM 2 GB dan kamera 12 megapixel.


Dengan spesifikasi lumayan, nama besar Samsung serta balutan metalnya itu, mampukah Galaxy Alpha mengusik kedatangan iPhone 6? Masih patut ditunggu meskipun seorang analis meragukannya.


"Head to head dengan Apple dan iPhone 6 di September akan berat. Kecuali harganya sangat terjangkau," tutur Francisco Jeronimo dari biro riset IDC.


(ash/fyk)