175 Juta Netter 'Titipkan' Data di Dropbox

Jakarta - Jumlah pengguna layanan Dropbox kian menggurita. Drew Houston, CEO layanan berbasis cloud ini mengatakan bahwa Dropbox telah dipakai oleh sebanyak 175 juta pengguna.

Angka tersebut mengalami lonjakan dibandingkan bulan November tahun lalu yang mencatat angka pengguna sebanyak 100 juta, demikian seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (10/7/2013). Houston memaparkan data tersebut selama konferensi DBX di Fort Mason Center, San Fransisco.


Selain menggeber pencapaian produknya, Dropbox juga mengumumkan bahwa pihaknya menghadirkan integrasi yang lebih mendalam dengan aplikasi Yahoo!Mail untuk Android.


Dengan integrasi ini, pengguna bisa membagi attachmentnya langsung dari Dropbox. David McDowell menjelaskan pemakaian fitur baru ini.


"Di aplikasi baru ini, saat memulai email baru, tap di bagian ikon attachment dan pilih 'Share from Dropbox'. Jika Anda telah melink akun Dropbox, maka Anda bisa memulai memilih file untuk dibagi secara langsung. Jika Anda tidak memiliki akun, sign up saja dari aplikasi," papar McDowell.


Dalam hajatan developer DBX, Houston juga mengumumkan Datastore API baru yang salah satunya memungkinkan aplikasi melakukan sinkronisasi data meski pirantinya offline. Dropbox didirikan di tahun 2007 dan lonjakan jumlah pengguna tersebut makin menegaskan posisi kuat Dropbox dalam persaingan layanan storage berbasis cloud.


(sha/ash)