China Buka Keran Embargo Konsol Game

China - Sejak tahun 2000, China membatasi peredaran konsol game di negaranya. Tujuannya agar konsol game lokal dapat berjaya di rumah sendiri.

Namun kini pintu embargo dilaporkan mulai terbuka bagi konsol game asal luar China seperti PlayStation, Xbox, dan Nintendo Wii untuk memasuki Negeri Tirai Bambu tersebut.


Dilansir South China Morning Post, pemerintah China mengharuskan produsen konsol game untuk memproduksi produknya di negaranya apabila tertarik memasarkan produknya di China.


Ini artinya produsen konsol game besar seperti Sony, Microsoft dan Nintendo wajib membangun pabrik di China atau paling tidak menggandeng perusahaan lokal untuk memproduksi konsol game besutannya.


Namun bila melihat gurihnya pasar China yang dihuni lebih dari semiliar orang, rasanya baik Sony, Microsoft maupun Nintendo bakal rela menanamkan investasinya.


Apalagi diketahui permintaan konsol game ketiga produsen tersebut di China terbilang tinggi meski lewat jalur tidak resmi.


Dikutip detikINET dari Kotaku, Rabu (10/7/2013), aturan lain yang dikeluarkan oleh pemerintah China adalah proses approval lewat pengujian konten terhadap seluruh game sebelum akhirnya dapat secara resmi dipasarkan bagi konsol game tersebut.


(yud/yud)