Jebakan untuk Pengguna Gadget Apple Meningkat

Jakarta - Kaspersky Lab merilis laporan phishing yang menyimpulkan bahwa, serangan yang didesain untuk mencuri Apple ID meningkat. Bahkan ada situs khusus yang dibuat semirip mungkin dengan apple.com.

Situs tersebut sengaja dibuat untuk mencuri informasi para pengguna perangkat Apple. Saat mengunjungi situs tersebut para pengguna diharapkan untuk login dengan Apple ID mereka. Di sinilah proses pencurian data terjadi.


Dari Januari 2012 hingga Mei 2013, Kaspersky Security Network (KSN) Kaspersky Lab rata-rata mendeteksi 200 ribu percobaan untuk mengakses situs phishing setiap harinya. Pendeteksian dilakukan secara otomatis tiap kali pengguna produk Kaspersky Lab diarahkan ke situs palsu tersebut.


Dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (11/7/2013), Kaspersky menuliskan bahwa peningkatan pendeteksian tersebut rata-rata lebih tinggi dibanding 2011, di mana saat itu hanya mencapai 1000 pendeteksian setiap harinya.


Para pakar Kaspersky Lab yang menganalisis perilaku dan pola kegiatan para penjahat cyber secara harian dan bulanan menemukan bahwa, fluktuasi dan peningkatan percobaan phishing sering kali bertepatan dengan kegiatan besar yang digelar oleh Apple.


Sebagai contoh, pada 6 Desember 2012, tak lama setelah pembukaan toko-toko iTunes di India, Turki, Rusia, Afrika Selatan dan 52 negara lain, Kaspersky Lab mendeteksi rekor tertinggi sepanjang sejarah di mana tercatat 900 ribu percobaan phishing yang diarahkan ke situs palsu Apple hanya dalam satu hari.


Selain itu, serangan phising yang mulai banyak membidik perangkat Apple juga disebabkan karena semakin banyaknya pengguna yang memakai produk racikan vendor asal Cupertino tersebut.


(eno/fyk)