MOOC: Inikah Jawaban atas Pendidikan 3.0?

Jakarta - “Professor Kevin Werbach taught a Massive Open Online Course (MOOC) about 'Gamification' to more than 140,000 people from 150 countries, reaching more students in eight months than all of his colleagues combined throughout the 130 year history the Wharton School of the University of Pennsylvania".

Saya membaca penggalan paragraf di atas suatu sore setelah menemani Profesor Emeritus Richard Cornell, akrab disapa Dick, dalam kunjungan pertamanya di Indonesia


sebagai negara ke-81 yang pernah disinggahinya selama 55 tahun dalam rangka menyebarkan semangat (teknologi) pendidikan di berbagai penjuru dunia.


Genap berusia 80 tahun di awal Juli nanti, kedatangannya ke Jakarta dalam rangka melakukan koordinasi dengan Ikatan Profesi Tenaga Pendidik Indonesia, seringkali disingkat IPTPI, sebagai affiliate chapter dari Association of Educational and Communication Technology (AECT).


Berlatar belakang research di bidang Instructional Design dan kemudian Educational Technology, dalam kapasitasnya sebagai AECT Conveys, mencoba membina hubungan lebih erat dengan local chapter di Indonesia dengan mendorong pemanfaatan dan publikasi situs web organisasi serta merangkul lebih banyak anggota dengan membuat membership fee lebih terjangkau.


Lantas, apa hubungan kedua paragraf di atas? Lima hari di Jakarta bersama mantan Presiden AECT ini, penulis banyak membicarakan dan membahas tren teknologi pendidikan di mancanegara, terutama di Amerika Serikat, Asia Barat dan Asia Timur pada khususnya.


MOOC termasuk salah satu dari topik pembicaraan yang paling banyak menyita perhatian dan waktu diskusi dengan beliau -- sampai saat ini masih aktif mengajar di dua universitas swasta di negara Paman Sam. Salah satunya melalui e-learning classroom.


Betul sekali berita mengenai sesi Prof. Kevin membuat saya terhenyak. Menjabat sebagai Obama Administration Presidential Transition Team dan penasihat ahli di Federal

Communications Commission (FCC) and Departemen Perdagangan -- pionir gamification ini -- Werbach terpilih sebagai Wharton’s first Iron Prof atas presentasinya 'All I Really Needed to Know I Learned in World of Warcraft'.


How cool is that? Apalagi jika membaca kutipan selanjutnya "His gamification course had some of the highest rates of engagement and completion of any offering on the Coursera MOOC platform, generating more than 2 million video views and nearly 20,000 forum posts".


Dan ini adalah sesi pertamanya di MOOC (dengan menggunakan platform Coursera)! Geezzz….



Penulis sendiri mulai mengeksplorasi MOOC pertengahan tahun lalu saat berbincang santai dengan salah satu rekan bernama Jimmy C. Tseng.


Mantan Asisten Profesor bidang Information Security di Rotterdam School of Management, Erasmus University ini menyarankan pemanfaatan online course platform sebagai alternatif lain maupun big leap terhadap aktivitas sebagai dosen tamu yang aktif saya lakukan di berbagai Universitas dalam kurun waktu satu tahun terakhir, baik secara face to face maupun online.


Berkaca ke beberapa dasawarsa silam, banyak cara, metode dan kanal telah digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Mulai dari menggunakan layanan pos untuk mengirimkan

materi belajar, radio, video sampai dengan internet.


Di dunia maya sendiri, metodologi telah menggunakan banyak media: newsgroup, gopher (masih ingat keduanya?), e-mail, forum, blog, mailing list, streaming, dan lainnya.


Masih tersemat di benak kita, langkah terobosan Advanced Learning Interactive Systems Online (ALISON) meluncurkan kursus dan pembelajaran gratis secara online untuk pendidikan dasar dan skill tertentu bagi dunia industri dengan cara sedikit nyeleneh enam tahun lalu, yaitu penempatan iklan dari para perusahaan sebagai sumber revenue utama.


Sebagai platform pendidikan, tentunya mereka membutuhkan sumber dana agar bisa beroperasi dan sustainable. Bahkan saat ini, buku sudah (tidak lagi) bebas dari iklan.

Do read free e-book from BookBoon! Agar bisa diperoleh, lebih tepatnya diunduh secara gratis demi menarik minat dan menggaet pembaca lebih banyak, serta memberikan


kompensasi kepada penulis dan pengarang, kita akan melihat sisipan iklan di antara bab di buku yang diterbitkan oleh penerbit asal Denmark ini.


Tidak bisa disangkal, tahun lalu menjadi tahunnya MOOC karena banyaknya pemberitaan, implementasi dan gerakan di universitas maupun institusi pendidikan berbagai negara mengadopsinya.


Buzz-nya sangat terasa saat Stanford meluncurkan tiga mata kuliah dengan cara ini dengan dihadiri oleh rata – rata sebanyak 100.000 peserta.


Selain kedua pihak yang disebutkan di atas, ada perusahaan yang menyediakan hal serupa: Coursera, Udacity dan edX. Ketiga start-up ini sudah menjalin kerja sama dengan universitas top di Amerika di antara lain adalah University of Pennsylvania, Princeton, Stanford dan Michigan. Universitas terkemuka lainnya (MIT, Harvard, Berkeley, Texas System, Georgetown) membentuk blok sendiri dengan edX.


Masih di tahun yang sama, University of New South Wales meluncurkan MOOC pertama di Australia, diikuti oleh diumumkannya Futurelearn oleh universitas terbuka di Inggris yaitu Open University, Open2Study di negeri Kangguru tersebut serta Iversity di Jerman.



Then how are they doing these days? Mengutip situs Udacity, Januari lalu bekerja sama dengan San Jose State University, mereka sudah mulai menawarkan mata kuliah yang diakui dan diakreditasi sebagai credit hours layaknya kuliah dengan metode konvensional pada umumnya.


Terlebih lagi, gelar Master dalam bidang Ilmu Komputer dapat diperoleh dari Georgia Institute of Technology dengan mengikut perkuliahan secara penuh sekian SKS dengan biaya terjangkau – sepertiga dari biaya bagi mahasiswa mereka saat ini dan seperenam dari biaya bagi mahasiswa dari negara bagian atau negara lain.


Mungkin iya, namun yang jelas hal ini merupakan important milestone MOOC. Mengambil contoh kasus universitas Georgia, ada perbedaan antara program yang mereka tawarkan di platform Udacity dengan program sebelumnya maupun program di platform MOOC lainnya.


Yaitu dukungan dan layanan akademis tambahan terkait dengan e-learning sebagai metode pembelajarannya. Sementara faktor lainnya, terlebih menyangkut kualitas dan mutu perkuliahan dan kelulusan, tetap sama.


Bukankah berita ini menggembirakan para siswa terutama di negara berkembang? Tanpa mengecilkan peran 'real-world interaction', mengingat kerinduan akan pendidikan berkualitas di beberapa negara tertentu sulit diwujudkan karena tingginya faktor biaya kuliah (di pendidikan tinggi) dibandingkan dengan pendapatan per kapita baik lokal maupun nasional?


Maka dari itu, mari simak terus perkembangan dari tren platform e-learning terbaru ini!









Goutama Bachtiar Tentang penulis: Goutama Bachtiar merupakan Founder Consultoria dan Contenindo, konsultan teknologi informasi, trainer, content producer, dan courseware developer. Bisa dihubungi lewat Twitter: @goudotmobi, surel: goutama@gmail.com dan LinkedIn: www.linkedin.com/in/goutama.

(ash/ash)