Bos Google: Hubungan dengan Apple Membaik

Jakarta - Chairman Google Eric Schmidt baru-baru ini mengungkapkan hal mengejutkan. Dia menyebutkan, hubungan Google dengan Apple berangsur membaik setelah beberapa kali melakukan pertemuan.

Dia pun memuji Apple dan Google. "Ini adalah dua perusahaan yang berbeda, membanggakan dan dijalankan dengan sangat baik," ujarnya seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (13/7/2013).


Pendapatnya ini dikemukakan saat berbicara di Allen & Company Sun Valley Conference di Sun Valley, Idaho, Amerika Serikat, sebuah pertemuan para elit teknologi berkumpul setiap tahunnya.


Google dan Apple dahulu sangat dekat. Schmidt dan mendiang Steve Jobs saling mengenal selama bertahun-tahun. Tak heran, mengingat Schmidt memang pernah masuk dalam jajaran dewan direksi Apple, hingga Google merilis OS Android dan Chrome.


Seperti diketahui, Android dan Chrome berhadapan langsung dengan iPhone dan Mac milik Apple. Maka pada 2009, Schmidt meninggalkan Apple. Sejak saat itu, perseteruan dan gugat menggugat terkait dengan hak paten pun dimulai.


Dalam biografinya yang ditulis Walter Isaacson, Steve Jobs menggambarkan situasi ini seagai pengkhianatan terbesar. Mantan CEO Apple ini sangat membenci Android bahkan bersumpah memusnahkannya.


"Jika perlu, saya akan menghabiskan nafas terakhir, saya akan menghancurkan Android karena ini adalah produk curian. Saya bersedia melakukan perang termonuklir demi ini," ujarnya.


Sementara itu Schmidt, selalu membantah ada perselisihan terbuka di antara dirinya dan Jobs. Maka, tidak mengherankan jika dirinya mengatakan hubungan Apple dan Google saat ini semakin membaik.


(rns/sha)