'PS4 dan Xbox One Masih Belum Bisa Kalahkan PC'

Jakarta - Xbox One dan PlayStation 4 (PS4) memang menjadi primadona baru di industri game. Namun menurut DICE, pembuat Battlefield 4, bagaimanapun juga PC itu lebih baik dibanding kedua konsol tersebut.

Baik Xbox One dan PS4 sama-sama dibekali dengan spesifikasi hardware yang sangat mumpuni untuk menjalankan game berkualitas. Performa keduanya pun kerap dibandingkan karena punya dapur pacu yang identik.


Dari sisi prosesr dan GPU sama-sama mengusung chip AMD, hanya saja kapasitas memori keduanya berbeda. Xbox One menggunakan DDR3 8 GB, sementara PS4 8 GB GDDR5, secara teori harusnya konsol besutan Sony ini bisa lebih kencang.


"Memori, prosesor atau GPU yang lebih baik, atau apapun yang membuat mesin itu semakin bertenaga, itu semakin bagus. Terutama untuk menjalankan game buatan kami," kata Karl Magnus, VP General Manager & CEO DICE. Seperti dikutip detikINET dari Gamepur, Kamis (11/7/2013).


Pun begitu, Magnus tetap menganggap bahwa konsol belum mampu menandingi apa yang ditawarkan PC saat ini, terutama saat dipakai untuk memainkan game besutan DICE sebut saja Battlefield 4, atau game yang akan datang seperti Mirror's Edge 2 dan Star Wars: Battlefront.


"Kami punya sejarah yang panjang dengan PC, dan platform tersebut sudah sangat berkembang dengan baik dalam beberapa tahun. Saat ini konsol-konsol tersebut memang sudah mendekati PC, tapi belum mampu untuk menyainginya," tungkas Magnus.


(eno/ash)